Lokasi Pengunjung Blog

Wednesday, June 9, 2010

SAXOPHONE, WOW... MERDU!


Lebih dari gitar yang dipetik ataupun piano yang dipukul, saxophone memiliki kemungkinan untuk bisa dimainkan dengan jauh lebih merdu. Kenapa? Itu lantaran saxophone dimainkan dengan hembusan. Lha yang namanya menghembus atau meniup itu "lafalnya" bisa bervariasi.

Saat meniup saxophone kita bisa menggunakan lafal seperti kalau kita mengucapkan kata "tu". Misal ada empat not yang harus kita mainkan, maka kita bisa meniupnya dengan lafal: tu - tu - tu - tu, artinya masing2 not kita hembus dengan lafal itu. Atau kita bisa juga mengkombinasi lafal "tu" dengan lafal "yu" menjadi" tu - tu - yu - tu.

Dalam contoh lagu "The Shadow of Your Smile" ini, not yang diberi tanda garis lengkung berwarna merah silahkan ditiup dengan memakai lafal TU - YU. (Sementara not2 lainnya yang tak bertanda lengkung merah ditiup dengan lafal TU).

(Meskipun menurut not baloknya lagu itu berkunci nada 1 kres alias bernada dasar kunci G, namun dengan melihat not angkanya kita bisa nyanyikan di nada dasar apa saja, misalnya di kunci C atau D atau A dsb).

Selamat berlagu...

No comments: