Lokasi Pengunjung Blog

Friday, February 4, 2011

LIP SYNC


Lip-sync atau lip-synch adalah istilah teknis untuk pencocokan gerakan bibir dengan suara. Dalam sebuah konser musik atau siaran langsung di televisi, lip sync merupakan hal yang kontroversial.

Di negara China, kementerian kebudayaan telah mengeluarkan kebijakan tentang lip sync pada bulan Agustus 2009. Kementerian mengeluarkan kebijakan itu karena menilai bernyanyi lip sync termasuk kebohongan publik. Dan sebulan dari itu, dua penyanyi China, Starlets Yin Youcan dan Fang Ziyuan kedapatan hanya bercuap-cuap saat mereka konser di Provinsi Sichuan. Mereka di denda sekitar 80 ribu yuan atau Rp 110 juta sekaligus menjadi korban pertama kebijakan kementerian kebudayaan. Kebijakan itu dikeluarkan karena pada tahun 2008, panitia Olimpiade Beijing melakukan tindakan kontroversial. Memasang gadis muda yang bernyanyi lip sync saat upacara pembukaan Olimpiade. Panitia beralasan tindakan itu dilakukan karena penyanyi yang asli tidak cukup cantik untuk ditunjukkan ke seluruh dunia.

Kalau saxophone kayaknya susah lho untuk di "lip sync". Tiwas kita bergaya pakai sax alto, eee..., ternyata yang berbunyi itu adalah sax sopran atau clarinet. Ketahuan deh. Malu deh...

No comments: