Lokasi Pengunjung Blog

Friday, December 23, 2011

SILENT NIGHT...

Lik Sopo Kae berkisah tentang lagu Silent Night.

Joseph Mohr (11/12/1792- 4/12/1848) yang mengarang syair “silent night” (aslinya tentu saja “Stille Nacht, Heilige Nacht”) adalah seorang anak yang tidak sedemikian beruntung. Ibunya seorang pekerja perajut (knitter), dan dia dihamili oleh seorang serdadu tidak bertanggung jawab, yang segera setelah tahu bhw pacarnya hamil dia ngabur. Joseph Mohr terpaksa dipelihara di rumah piatu.

Sejak kecil Joseph Mohr amat sensitif dan suka menulis syair. Karena dia anak “jadah” maka untuk belajar menjadi imam diperlukan ijin khusus dari Paus. Suatu ketika menjelang Natal 1818 orgel gereja paroki rusak, dan pastor Mohr di paroki Santo Nikolas di Obendorf ini meminta pengarang lagu bernama Franz Gruber. Maka lahirlah lagu “Stille Nacht” (Inggris: Silent Night), yang di banyak tempat menduduki sebagai lagu Natal setidaknya paling populer nomer 2.

Lagu ini bukan lagu Natal yang cukup tua (7 tahun lagi berumur 200 tahun). Tetapi dibandingkan dengan yang lain-lain (apalagi Jingle Bells dan White Christmas!!!) lagu inilah yang paling membangkitkan perasaan syahdu. Pada malam Natal dunia bisa terasa berhenti sejenak ketika lagu silent night dilantunkan....

No comments: