Lokasi Pengunjung Blog

Tuesday, December 23, 2008

Tentang Natal...

Sebentar hari lagi ada perayaan Natal. Dan inilah sekelumit kisah tentangnya.

NATAL.
Christmas, berasal dari kata bahasa Inggris Kuno, Cristes Maesse atau Misa Kristus, yang pertama kali ditemukan pada tahun 1038. Di Belanda disebut Kerst-misse. Dalam bahasa Latin Dies Natalis. Noël merupakan sebutannya dalam bahasa Perancis. Dalam bahasa Jerman, Weihnachtsfest. Di Indonesia, Christmas berarti Natal.

Kisah Natal berasal dari Perjanjian Baru dari Alkitab. Seorang malaikat menampakkan diri pada para gembala dan memberitahu mereka bahwa Sang Juru Selamat telah lahir ke dalam keluarga Maria dan Yusuf di sebuah kandang domba di Betlehem. Kemudian tiga orang bijak dari Timur, yang disebut para majus, mengikuti bintang istimewa yang menuntun mereka kepada bayi Yesus, yang mereka sembah dan beri hadiah emas, kemenyan dan mur.

Perayaan Natal diperkirakan berasal dari Romawi dan negara Eropa lainnya yang menandai akhir masa panen dan masa titik balik matahari di musim gugur. Menurut sejarah awal Romawi, penentuan tanggal 25 Desember sebagai masa awal kelahiran Yesus Kristus dilakukan pada abad ke-4. (Meskipun tidak ditemukan bahwa tanggal 25 Desember sebagai tanggal kelahiran Yesus di Alkitab).

"SELAMAT MERAYAKAN NATAL" (bagi saxdulur yang merayakannya).


Anton & Tina.

No comments: