Lokasi Pengunjung Blog

Thursday, June 4, 2009

SAXOPHONE…, Experimental Design

Dari semua merek saxophone vintage yang ada nampaknya CG. Conn yang paling banyak melakukan ekperimen pada disain saxophone buatannya. Beraneka variasi model dapat kita lihat di berbagai seri produknya. Misalnya: Tone hole ada yang bermodel straight, ada pula yang rolled. Neck ada yang polos, ada juga yang ber microtuner. Octave Key ada yang biasa, ada yang underslung. Bagian pilar ada yang bersekrup dan ada yang tidak. Key di bagian bel ada yang berada di sisi kanan dan kiri, ada yang di kiri semua dan ada yang di kanan semua, dsb.

Dan ternyata asyik juga lho mengamati beragam disain eksperimen saxophone CG. Conn itu. Terlihat sekali betapa para disainernya dulu berusaha membuat saxophone itu sebaik mungkin, seenak mungkin, sekuat mungkin dan seindah mungkin.

Tapi kini hiruk pikuk orang bereksperimen dalam membuat model saxophone itu tak lagi terdengar. Model2 tua itu kini tak lagi diproduksi. Kini model saxophone apapun mereknya nyaris sama semuanya, sudah standar.

Oleh karena itu, saxophone2 tua atau saxophone vintage itu dengan model2 nya yang sangat bervariasi menjadi sangat layak untuk kita koleksi. Lagian, banyak di antaranya yang kini pabriknya sudah tiada lho.

Gitu deh…

No comments: