Lokasi Pengunjung Blog

Saturday, June 27, 2009

Belajar Saxophone Sendiri


Oleh: Nugroho Hariadhi

Sudah lama saya bermain alat musik, antara lain gitar akustik. Belajar sejak dari SMP dengan ikut grup keroncong anak-anak yang mengisi acara di radio pemerintah daerah. Menginjak SMA mulai belajar piano/keyboard. Saat kuliah ikut band kampus, saat sudah bekerja sering main keyboard bersama teman-teman kerja. Seiring berjalannya zaman, kini di sekitar kita telah banyak orang yang dapat bermain gitar dan keyboard, sehingga main gitar ataupun keyboard itu sudah menjadi menu setiap orang, tetapi belum banyak yang dapat memainkan saxophone.

Setelah lama keinginan untuk dapat mempunyai saxophone terpendam, karena kesibukan bekerja, baru pada usia yang sudah tidak muda ini mendapat kesempatan belajar nyebul setelah membeli altosax di "Rumah Tiup" milik Mas Anton/Mbak Tina. Selain harganya terjangkau, diajari lagi. Tetapi karena saya tinggal di Semarang sehingga tdk ada kesempatan belajar langsung di "Rumah Tiup".

Karena keinginan saya besar dan di Semarang belum ada kursus/sekolah saxophone akhirnya saya serius belajar sendiri dg membeli DVD Saxophone yg banyak dijual di took. Dalam waktu yg relatif cepat (± 3 bulan) saya sudah dapat memainkan lagu-lagu apapun, walau masih terbatas pada nada dasar tertentu, tetapi sudah dapat saya mainkan bersama teman dengan iringan keyboard dan direkam sendiri. Hal tersebut guna mencari kesalahan atau koreksi. Dalam waktu dekat saya juga akan membeli saxophone jenis sopran agar lebih lengkap, karena dengan bermain saxophone ternyata hidup ini menjadi lebih indah dan banyak teman. Betul, ternyata main saxophone memang enak dan lebih gaya seperti kata Mas Anton dan Mas Andreas Suradji. Makanya buruan pada beli, mumpung harga belum naik lho.

Salam,
Nugroho Hariadhi, di Semarang

1 comment:

bayu aji said...

wah saya juga tinggal di semarang ni, dan saya juga pengen belajar saxophone... rencana si mau ke purnomo buat ambil kursus.. brapa lama si waktu buat kita supaya bisa lancar main saxophone ny? oiya, btw Rumah Tiup dimana si? ada apa saja disana?
THX- Bayu