Lokasi Pengunjung Blog

Monday, December 14, 2009

POHON TERANG


Lucu namanya, Pohon Terang. Di tempat lain namanya masih tetap Christmas Tree, Konon di banyak daerah Barat lainnya nama pohon itu sekarang ialah Holiday Tree.

Banyak orang tidak mengetahui latar belakang "pohon terang" ini. Di belahan bumi mendekati kutub utara pohon yang penuh janji hanyalah Tannenbaum, pohon denneboom, fir trees, yang selalu berwarna hijau sepanjang tahun. Pohon lainnya mati, tetapi seperti dalam nyanyian Jerman "O Tannenbaum" pohon ini terus hidup, terus hijau sepanjang tahun, terus memberikan janji bahwa setelah malam gelap panjang yang tiba sekitar pukul dua-tiga siang dan berakhir pada jam 9-10 hari berikutnya akirnya akan bertambah panjang setelah winter solstice (23/12).

Arti perayaan pohon ini, dari kebiaasaan kafir Eropa, ialah bahwa harapan akan terang matahari yang lebih panjang nanti akan datang lagi. Anda mungkin pernah lihat bagaimana orang AS menghiasi rumah mereka dengan jumlah lampu yang berlebih-lebihan.

Hari ini kami juga mulai mengeluarkan pohon Natal kami dari simpanannya, besok kami akan mulai memasang berbagai hiasan dan lampu. Kita tidak bisa berbuat lain, anak cucu ngertinya kalau Natal kita ya harus memasang pohon Natal, (untuk meletakkan hadiah-hadian pada kaki pohon ini agar bisa membuat mereka ngiler akan hadiah yang mereka inginkan jauh sebelum hari ini).

Begitulah cerita papi Ray, seorang sahabat pena dari Australia tentang pohon terang, pohon Natal.

(Gambar dari Google Image)

No comments: