Lokasi Pengunjung Blog

Wednesday, November 25, 2009

PENGIN INI PENGIN ITU



Ini pengalaman saya, dulu saat pertama kali punya saxophone tenor, wuiih, senengnya pol. Tak jemu2 mata ini memandangi bodynya yang sexy dan agak bongsor itu. Tak ada hari tanpa membelai, meniup dan memainkan tombol2 nya. Dan hati makin sumringah ketika kemudian saya bisa berlagu, bertralala dan trilili bersama si tenor.

Tapi ternyata sax tenor itu memiliki adik, yaitu saxophone alto yang sosoknya lebih kecil. Maka ngiler juga saya dibuatnya. Jadilah saya punya keduanya, si tenor dan si alto. Sudah punya tenor dan alto rupanya belum cukup. Begitu melihat saxophone sopran yang lurus langsing, ee…, saya terpikat juga.

Ya, mereka itu selain berbeda ukuran juga berbeda wilayah nadanya. Saxophone sopran yang lurus dan langsing mewakili wilayah nada tinggi, sedangkan saxophone tenor yang bongsor mewakili wilayah nada rendah. Saxophone alto berada di antaranya. Jadi kalau saya pengin melantunkan lagu yang bernada melengking ala Kenny G, maka sax sopran yang saya pakai. Giliran ingin bermain di wilayah nada “cowok” ala Stan Getz, maka saya pakai saxophone Tenor. Kalau ingin seperti Dave Koz, ya pakai saxophone yang alto atau yang "baby".

Di antara ketiga saxophone itu yang paling berbeda bentuk adalah si sopran. Sax sopran bentuknya lurus, panjangnya kira2 selengan kita. Sedangkan sax alto dan tenor berbentuk melengkung mirip pipa tembakau atau pipa cangklong.

Tapi ada juga sih, saxophone sopran yang modelnya tidak lurus melainkan ditekuk ujung serta bonggolnya serupa model sax alto, dikenal dengan julukan “BABY (ALTO) SAXOPHONE” seperti terlihat di gambar.

Dan saat ini ada banyak tersedia “BABY SAX” kayak gitu di Rumah Tiup, mereknya “VALENTINE”. Tampilan si baby ini moderen dan cantik, suaranya merdu serta enak sekali dimainkan. Lagian, karena sosoknya mungil, si baby ini gampang ditenteng, diajak bermain kemana mana. Gitu loh…

Andai belum bisa main, jangan khawatir. Akan diajari gratis sampai bisa! Pengin? Hubungi saja Tante/Bu Tina di 021 8411717 atau di HP nya.

1 comment:

Aji said...

kirimin pricelist sax njenengan donk
Kalo mau belajar enaknya pake apa ya?
(tiupanya nggak terlalu berat)

diansaji@gmail.com