Lokasi Pengunjung Blog

Saturday, November 14, 2009

SELMER SUPER (BALANCED) ACTION, Makin Lama Makin Berharga


Sungguh tidak mudah untuk mencari benda yang satu ini. Meskipun begitu saya berhasil juga menemukannya kemarin. Ya, saya merasa sangat beruntung bisa mendapatkan saxophone Selmer Super (balanced) Action alto, nomor seri 47.816 buatan tahun 1951 yang sangat langka itu.

Saxophone Selmer Super (balanced) Action itu memang langka, diproduksi antara tahun 1948 s/d 1953 dengan jumlah total tidak sampai 20 ribu unit atau sekitar 3 ribu unit pertahun. Setelah itu dari tahun 1954 sampai dengan tahun 1974, atau selama 20 tahun, perusahaan selmer (Paris) memproduksi saxophone seri lain yaitu Mark VI dalam jumlah banyak, lebih dari 165 ribu unit.

Kisah perburuan SBA (Super Balanced Action) itu dimulai ketika ada seorang kolega asal Spanyol yang saat ini sedang bertugas di Indonesia menginginkan benda itu dan meminta tolong saya untuk mencarikannya. Tapi sayang, setelah saxophone yang diinginkan berhasil didapat, beliau malah menyatakan "masih pikir2". Ya sudah...

Jadilah sekarang saxophone alto merek Selmer Super Balanced Action nomor seri 47.816 buatan tahun 1951 itu masuk dalam daftar barang koleksi pribadi. Gitu aja kok repot...

Dan sesunggguhnya mengkoleksi saxophone langka, cantik serta terkenal seperti Selmer Super Balanced Action ini tidak ada ruginya. Mengapa? Karena makin lama benda itu, justru akan semakin "berharga".

Begitu kira2.

No comments: