Lokasi Pengunjung Blog

Friday, March 13, 2009

Ini Clarinet, bukan Saxophone


Jenis saxophone ada beraneka, ada saxophone bariton, sax tenor, sax alto, sax soprano dsb. Ukurannya juga beragam, ada yang besar dan panjang, ada yang berukuran sedang dan ada juga yang lencir, kurus pendek. Soprano saxophone termasuk jenis yang pendek, cuma seukuran panjang lengan kita dan modelnya lurus saja, tidak bengkok kayak model pipa tembakau (cangklong). Kenny G sangat ahli memainkan saxophone sopran ini.

Karena sax soprano itu bentuknya cuma lurus, awam kadang menyebutnya sebagai clarinet. Ya clarinet memang dikenal sebagai alat musik tiup yang bentuknya lurus. Biasanya juga, body clarinet berwarna hitam, karena dibuat dari kayu hitam Africa, atau disebut juga kayu hitam grenadilla alias mpingo.

Tapi tumben, di foto ini nampak clarinet yang terbuat dari bahan brass atau kuningan, bahan yang sama dengan material pembuat saxophone. Bahan kuningan tersebut kemudian dilapis perak sehingga wajah clarinet metal itu nampak putih berkilau...

Perbedaan yang nyata antara clarinet dan saxophone soprano ada pada bentuk tabung bodinya. Bodi saxophone berbentuk kerucut sementara bodi clarinet berbentuk lurus seperti bentuk bodi flute, kecuali corong atau bellnya yang bermodel seperti corong trumpet.

Gitu deh...

No comments: