Lokasi Pengunjung Blog

Tuesday, September 21, 2010

RUMAH TIUP DI RADIO TRIJAYA FM


Kalau jadi, hari Rabu sore 22 September 2010 jam 17.00 s/d 18.00 “Rumah Tiup” akan menjadi guest di acara talkshow yang diselenggarakan oleh stasiun radio Trijaya FM.

Topiknya tentu saja tentang sax mengesax, seputar saxophone. Dan berikut ini pengantar yang disampaikan serta beberapa bahan pertanyaan yang nantinya akan diajukan.

Semoga semuanya lancar, dan Tante Tina yang nanti akan menjadi juru bicara Rumah Tiup…


TALKSHOW : BRAND TUNE with ID BRAND LEARNING.
“A brand name is more than a word. It is the beginning of a conversation.'’
“A product is made in the factory. A brand is made from relationship and trust.”
“A product is an object. A brand represents character.”
“It is important to have a good product, but it is more important to have a strong Brand.”
Hosted by : Dino Martin and Siddharta
Episode 35 : 21 September 2010
Guest : Rumah Tiup - saxophone

Background
TOPIK : Saxophone. Musical Brand...
Tahun 1841 Adolphe Sax yang berkebangsaan Belgia itu melahirkan alat musik tiup yang kini dikenal dengan nama Saxophone. Instrumen yang rasanya sudah tidak asing bagi kebanyakan penikmat musik. Baik itu musik Jazz, orkestra, bahkan reggae.... Gak percaya? UB40 hadir lengkap dengan pemain saxophone juga!

Adolphe sax yang merupakan generasi kedua dari perancang alat musik ini menciptakan 4 macam saxophone yang kemudian dipamerkan di Paris tahun 1844. Paris memang akhirnya menjadi kota labuhan terakhir bagi Adolphe karena Ia pun akhirnya meninggal dan dimakamkan di Montmartre – yang kini juga masih terkenal sebagai daerah yang banyak seniman-nya.

Nah... kenapa Saxophone kita pilih sebagai Musical Brand yang kuat... begini, coba sebutkan merek Piano terkenal? Anda pasti akan segera menyebut Yamaha, Petrof, Richard Meyer, etc. Gitar? Ada Ibanez, Gibson, Yamaha juga, Drum? Yamaha lagi, Tama, dan lain-lain.

Bagaimana dengan Saxophone? Musical brand yang satu ini sudah terlalu lekat brand-nya. Saya sendiri sampai tidak ingat merek Saxophone saya. Yang jelas selain bentuknya yang unik, suaranya juga sangat indah. Konon seni memainkan saxophone benar-benar bisa membuat orang ‘fly’.

Untuk belajar lebih jauh tentang musical brand bernama saxophone ini, di studio telah hadir tamu dari Rumah Tiup. Apalagi itu? Lucu juga namanya, Rumah Sebul, alias Rumah Tiup... yang jelas kalau melihat dari blog-nya jelas sekali pemilik rumah tiup ini orang Jawa... kebanyakan bahasa Jawa-nya. Lebih tepatnya orang Yogya... Wis jan...


Chit chat dengan narasumber

Talkshow.
1. Ceritakan sedikit dong tentang Rumah tiup...? ini sebenarnya apa? Dan apa ‘promise’ Anda?
2. Salah satu jaminan dari rumah tiup : diajarin SAMPAI bisa... opo tumon? Apa benar semudah itu? Kok nekad bener janji-nya?
3. Berapa modal termurah seseorang untuk belajar sax?
4. Rumah Tiup ini termasuk unik dan agak langka. Apakah Anda satu2nya, atau banyak yang lain? Apa yang menjadi visi atau impian Anda? Bagaimana Anda melihat Rumah Tiup misalnya 5 tahun ke depan?
5. Ini bisnis khan? Bukan nirlaba? Kok belajarnya gratis, harganya murah lagi...?
6. Saxophone adalah Brand yang kuat sekali sebagai sebuah alat musik. Apa pendapat Anda? Anda sendiri, apakah punya fanatisme terhadap satu merek tertentu untuk Saxophone? Atau sax ini termasuk instrumen yang tergantung siapa yang memainkan, merek-nya apa juga akan bagus?
7. Umur berapa paling tepat untuk memulai belajar Sax? Trijaya khan pendengarnya rata2 seumuran siddharta (baca : tua). Apakah tidak telat?
8. Kayaknya harus ada demo ya...
9. Ceritakan sedikit dong tentang sejarah saxophone di Indonesia. Kalau yang dari aselinya khan udah dibahas di awal tadi. Siapa sih legenda2 saxophone Indonesia yang mempopulerkan alat tiup ini? Di Amerika khan ada Kenny G... Apakah Anton termasuk salah satu legenda-nya?
10. Pertanyaan lain bisa dikembangkan selama talkshow.

Wis ngono wae…
Selamat menyaksikan, ee…, mendengarkan siaran radio Trijaya FM, nanti sore jam 5.

Anton.

No comments: