Lokasi Pengunjung Blog

Tuesday, November 18, 2008

Kabar selingan..., lelang sax kenangan

Sebuah saxophone milik musisi jazz legendaris Charlie Parker terjual seharga 261.750 dolar dalam sebuah lelang memorabilia jazz di New York. Saxophone jenis alto tersebut selama ini disimpan oleh janda mendiang Parker selama 50 tahun sejak musisi itu meninggal pada tahun 1955.

Dalam lelang itu terdapat juga barang-barang milik musisi Louis Armstrong, Dizzy Gillespie dan John Coltrane.Penyelenggara acara itu mengatakan, lelang benda-benda kesayangan para musisi jazz itu merupakan yang pertama kali diadakan. Benda lain yang terjual dalam acara lelang itu adalah sebuah klarinet milik Benny Goodman yang terjual 25.000 dolar, Vibraphone milik Lionel Hampton terjual 50.000 dolar, dan trompet milik Dizzy Gillespie yang laku mendekati angka 31.000 dolar.

Selain itu, terjual pula tulisan tangan para musisi, di dalamnya termasuk tiga lembar aransemen musik lagu ciptaan John Coltrane berjudul A Love Supreme yang dihargai 129.000 dolar, dan surat yang ditulis Armstrong untuk agennya yang terjual 29.500 dolar.

Benda lainnya yang ikut dilelang adalah barang-barang pribadi, di antaranya sebuah pipa rokok milik Thelonius Monk, dan kantong jam emas milik Charlie Parker yang terjual mendekati angka 13.000 dolar.

(bbcnews/jy)

No comments: