Lokasi Pengunjung Blog

Monday, November 24, 2008

KARAT..., SAXKARAT


KARAT
Karat merupakan ukuran berat batu mulia. Satu karat setara dengan 0,2 gram atau satu gram sama dengan 5 karat. Apakah satu karat batu mulia tersebut volumenya sama antara jenis yang satu dengan yang lainnya? Tentu saja tidak. Besar kecilnya atau volume batu mulia sangat tergantung kepada berat jenisnya. Sebagai contoh, ruby dan sapphire memiliki berat jenis yang lebih besar dibanding batu akik, 4 dibanding 2,6. Oleh karena itu satu karat batu akik akan nampak lebih besar, sekitar 1,5 kali, dibanding batu ruby ataupun sapphire.

BINTANG PALSU
Melalui proses difusi, bintang berkaki enam dapat ditampilkan pada permukaan batu ruby atau sapphire polos. Bubuk TiO2 dilukiskan membentuk gambar bintang kemudian dipanaskan pada temperatur sekitar 1.300 derajat celcius. Gambar piauw itu akan menusuk dan masuk beberapa mikron kedalam tubuh batu. Bintang palsu ini digarap dan dipasarkan pertama kali oleh perusahaan Union Carbide pada tahun 1947. Kalau mau kita bisa memesan yang bergambar SAXOPHONE..., umpamanya.

NUANSA WARNA
Nuansa warna ruby dan sapphire sungguh beragam. Seperti bendera parpol, ada yang gres dan ada yang kelihatan luntur. Dari yang lamat-lamat hingga yang sangat jelas. Dari kuning pucat hingga kuning telur. Ada warna serupa lime, lemon, olive, whiskey, vivid yellow dan golden yellow. Ada cognac. peach, orange, deep orange, vivid orange, salmon dan pigeon’s blood. Atau hot pink, pink, cherry blossom, plum dan padparadscha. Juga vivid lilac, vivid purple, violet serta vivid violet. Warna blue sapphire yang terkenal adalah yang serupa cornflower atau royal blue. Terdapat pula warna lavender dan warna pastel.

Salam,
Anton Pri.

No comments: