Lokasi Pengunjung Blog

Monday, November 10, 2008

Smoke Gets in Your Eyes


Lagu ini sungguh menarik. Ada perubahan dasar nada di bagian refrainnya. Dan meskipun partitur not baloknya kelihatannya rumit, banyak tanda2 mol dan kres, namun sesungguhnya bisa kita bikin sederhana bin simpel. Bahkan sembari merem kita bakal dapat memainkannya di segala kunci nada. Percayalah...

Ada tanda warna hijau dan merah di dalam not angkanya. Kita akan memulai lagu itu dari bait pertama, yaitu dari not warna hijau. Not2 hijau inilah sebagai nada dasar utama lagu itu. Sedangkan not warna merah, ada di bagian refrain, merupakan not yang mengalami perbahan dasar nada yaitu turun sebanyak 2 tingkat dari nada dasar utama.

Di dalam contoh partitur lagu itu, nada dasar utamanya adalah kunci nada Es atau 3 mol, dan kunci nada yang berubah (bertanda merah), nada dasarnya 5 kres atau kunci nada B. Jadi dari nada Es ke nada B terdapat penurunan nada sebanyak 2 tingkat. Betul?

Nah, pola turun nada dasar 2 tingkat di pas refrain itu dapat kita terapkan untuk melayani, untuk kita bermain di kunci nada dasar yang lain. Misalnya kalau kita memulainya dengan kunci nada E, maka di bagian refrainnya akan mengalami perubahan kunci nada dari E menjadi C. Kalau kita berangkat dari nada dasar A, di bagian refrain kunci nada A tersebut perlu kita turunkan 2 tingkat menjadi kunci nada F, demikian seterusnya. Asyik khan? Wis jan, dengan giat belajar not do re mi, semuanya menjadi..., fleksibel!

Selamat mencoba.

Anton Pri.

No comments: