Lokasi Pengunjung Blog

Friday, October 24, 2008

Cara gonta-ganti kunci nada ...



Setelah mengenal do re mi kita bisa memainkan lagu Fly Me to the Moon misalnya, dari nada dasar manapun. Yang menjadi persoalan kemudian adalah bagaimana cara kita menyesuaikan fingeringnya pada saxophone. Kalau ngesax di posisi C, itu sih keciiiil, gampang karena kita sudah hapal. Tapi giliran harus main di lain kunci..., waaahhh piye jal?

Tapi tak perlu sutris en bingun. Ini ada tip jitu tentang bagaimana cara kita bergonta-ganti kunci nada.

Pada saxophone (semua jenis, sopran, alto, tenor ataupun bariton dll), posisi fingering C boleh kita sebut sebagai posisi netral.

Posisi G kita sebut posisi 1 # (satu kres)
Posisi D kita sebut posisi 2 # (dua kres)
Posisi A kita sebut posisi 3 # (tiga kres)
Posisi E kita sebut posisi 4 # (empat kres)
Posisi B kita sebut posisi 5 # (lima kres)
Posisi Fis disebut posisi 6 # (enam kres)
Posisi Cis disebut posisi 7 # (tujuh kres)

Sedangkan,
Posisi F kita sebut posisi 1 b (satu mol)
Posisi Bes kita sebut posisi 2 b (dua mol)
Posisi Es kita sebut posisi 3 b (tiga mol)

Kita main di kunci G (posisi 1 #) artinya, not "do" (not angka 1) kita berangkatkan/dimulai dari posisi jari di G, dan di dalam urutan berikutnya (do re mi dst) terdapat sebanyak 1 (satu) posisi kres, yakni pada nada "si" (atau nada Fis, atau not angka 7).

Main di kunci nada D (posisi 2 #), artinya ada sebanyak 2 (dua) posisi kres, yakni pada nada "mi" dan "si" (nada Fis dan Cis atau not angka 3 dan 7).

Main di kunci nada A (posisi 3 #), artinya ada sebanyak 3 (tiga) posisi kres, yakni pada nada "mi", "la", dan "si" (nada Fis, Cis dan Gis atau not angka 3, 6 dan 7).

Main di kunci nada E (posisi 4 #), artinya ada sebanyak 4 (empat) posisi kres, yakni pada nada "re", "mi", "la", dan "si" (nada Fis, Cis, Gis dan Es atau not angka 2, 3. 6 dan 7).

Main di kunci nada B (posisi 5 #), artinya ada sebanyak 5 (lima) posisi kres, yakni pada nada "re", "mi", "sol", "la", dan "si" (nada Cis, Es, Fis, Gis dan Bes atau not angka 2, 3, 5, 6, 7).

Jadi sekarang kita memiliki tabel:

Selamat mencoba.

Anton Pri.

No comments: