Lokasi Pengunjung Blog

Tuesday, October 28, 2008

The Girl from Ipanema...


Not balok dari lagu The Girl from Ipanema yang terkenal ini bisa kita suarakan (menggunakan mulut) dengan cara kita membaca not angkanya ( not do re mi), seperti gini: re si si la re, si si si la re, si si la re re, si si si la do, la la la sol si, sol sol sol fa sol.... (2X).
Di bagian refrain, ada kode bulatan merah. Di sini nada dasar turun 2 tingkat dari dasar nada mula-mula, dan notnya dibaca: mi fa mi re mi re do re...
Pada kode bulatan kuning, nada dasar turun 1/2 tingkat dari nada mula-mula, dan notnya tetap dibaca: mi fa mi re mi re do re...
Di kode bulatan hijau, kembali ke nada dasar mula-mula, dan notnya kembali dibaca: mi fa mi re mi re do re... dst.

Jadi di dalam satu lagu itu terdapat beberapa kali perubahan nada dasar, yakni pada bagian refrain yang bertanda kode bulatan merah serta kode bulatan kuning, masing-masing turun 2 tingkat dan turun 1/2 tingkat. Turun 2 tingkat artinya dari nada dasar mula-mula F misalnya, menjadi C#. Dan turun 1/2 tingkat berarti dari nada dasar F menjadi E.

Dengan pengertian macam ini, maka kita dapat melagukan lagu ini dari nada dasar apapun. Kita tidak lagi tergantung kepada nada dasar seperti yang tertera di not baloknya itu (yang bertanda 1 mol atau berkunci nada dasar F).

Dengan saxophone alto ataupun sopran dan tenor, kita dapat memulainya bermain di kunci C misalnya. Dan ketika sampai di bagian refrain kode merah, kunci nada kita turunkan 2 tingkat, dari C menjadi G#. Di kode kuning, kunci nada turun 1/2 tingkat, dari C menjadi B. Sampai pada kode hijau, nada kembali ke kunci awal yaitu kunci C.
Begitu seterusnya, berangkat main di kunci nada D atau E atau G dst, polanya akan sama saja.

Wis, selamat mencoba.

Anton Pri.

No comments: