Lokasi Pengunjung Blog

Wednesday, October 15, 2008

Tentang koleksi..., Saxophone Alto



Ini adalah sekilas kisah tentang beberapa saxophone yang menarik hati.

SATU...
Nama : Saxophone alto Buffet Crampon seri S 1
Made in : Paris, Perancis
Nomer seri : 33003 A
Warna : kuning keemasan
Kondisi : orisinil, 90 %, ready for use
Kategori : sangat cantik

Sejarah singkat:
Merek Buffet Crampon ini merupakan salah satu merek terbaik yang diketahui dan banyak dipakai oleh para pemain profesional, mulai dari John Dankworth hingga Gerard Mc Chrystal. Perusahaan BC didirikan oleh Evette & Schauffer pada tahun 1887 di Paris, Perancis.

Penampilan:
-Saxophone ini tampil sangat memikat, nyaris sempurna. Banyak keistimewaannya. Seluruhnya kuning, seakan berlapis emas.
-Engrave pada bellnya bermotif floral, berbunga bunga.
-Sepertiga bagian socket neck nya dikerat, menghasilkan tone hole tambahan untuk nada high F#. Genius !
-Konstruksi neck cukup solid, ada neck guard yang siap melindungi bagian vital, yaitu bagian neck ini, dari resiko ketekuk-tekuk. Celakalah neck yang ketekuk kempot sehingga tidak bulat simetris lagi, karena kondisi begitu itu akan menghambat perjalanan udara, membuat suara yang dihasilkan menjadi abnormal, jadi ngempoooos.
-Upper octave key bergaya modern, ada logo digrafir di tengah-tengahnya. Pilar tebal melebar, spring keynya ngeper, mantab!
-Rangka bodynya sedikit melengkung, mengarah pada kenyamanan operasi. Unik!
-Tone hole tidak rata sejalur, tapi sekelompok hole bagian bawah menyamping menjauh dari posisi bell, memberi ruang kepada jari-jari tangan kanan untuk bekerja lebih leluasa.
-Sling seperti cincin kawin, thumbrest bisa digeleng gelengkan kepalanya, bisa disetel.
-Clothes guard benar benar dapat berfungsi sebagai body guard.
-Pillar-pillar saling terpisah, stack pillarnya lumayan lebar. Stack pillar yang misah ini memudahkan perawatan. Lebih gampang matrinya daripada beberapa pillar yang dirangkai dalam satu stack.
-Body brace sangat lebar, nampak meyakinkan, menyambung rapat antara body dengan bagian bow.
-Desain key guard yang ada di bagian bow maupun di sisi kanan bell sungguh-sungguh artistik, seperti ditatah dengan penuh cita rasa. Buffer pada key guard gampang diurus. Ngendorin ngencengin tinggal putar sekrup.
-Connecting bell (to body) persis seperti anting-anting gipsy yang diparo.
-Lower octave key lever, panjangnya pas, tidak begitu nongol. Mekanisme oktafnya sederhana. Finger touch sangat mudah diraih oleh ujung jempol tangan kiri. Palm key, juga side key tidak bermasalah. Pearl key kenyal, enak dsentuh dan dimainin.
-Sesuatu yang nampaknya luar biasa terlihat pada spatula key, table key, side F# key dan high F# key. Key-key itu mempunyai hak paten tersendiri.

Kecantikannya, tampilannya yang aduhai itu telah membuat saxophone alto Buffet Crampon seri S 1 sementara ini berhasil menempati posisi sebagai koleksi unggulan. (Alto satu ini pernah hilang..., tapi balik lagi. Pernah terjual..., tapi balik lagi. Ah..., kamu!)


DUA...
Nama : Sax Alto Julius Keilwerth Toneking modell solist
Made in : Graslitz, C.S.R., Chekoslovakia
Nomer seri : 3738
Warna : Siver pastel
Kondisi : orisinil, 80 %,
Kategori : unik

Sejarah singkat:
Saxophone Keilwerth didisain oleh Herb Couf. Pada waktu membikin saxophone ini, Couf memulainya dengan sebuah kertas kosong yang bersih, artinya tidak menjiplak ataupun memodifikasi saxophone merek lain. Dia menggabungkan beberapa keistimewaan yang tidak dapat ditemukan pada merek terkenal lainnya. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1920.

Penampilan.
-Hal yang nampak paling menonjol dari seluruh tampilannya adalah dipasangnya kulit kerang mutiara pada semua finger touch. Pada pearl key, pada lower octave key, pada palm key, pada table key, pada side key dan pada spatula key. Semuanya bermutiara, tidak ketinggalan satu key pun. Sangat unik !
-Diujung neck, tepat dibatas cork terdapat micro tuner yang berfungsi untuk memaju mundurkan mouthpiece, untuk nyetem. Neck guard berbentuk menarik, tebal bergelombang gelombang. Upper octave key bermodel klasik.
-Socket neck screw terlihat tradisionil. Kupingnya lebar nyelip di batang sekrup.
-Tone hole berderet sejajar disepanjang body. Pucuk socket tone hole diroll, digulung. Stack pillarnya agak oval, masing masing berdiri sendiri.
-Keyguard benTuknya sederhana seperti kawat tebal. Bell key guard berada disebelah kiri dan kanan. Clothes guard model seperti terisula, melintas pada body dan bell. -Lower thumbrest dari metal, sling serupa klanting.
-Table key mengarah kedalam, dudukan pearl key seperti lampu taman.
-Terdapat thrill D# key dan G# key.
-Engrave pada bell kelihatan handmade sekali, seperti vignet.
-Buffer key guard menempel bukan pada guard tapi pada cup.

TIGA...
Nama : Sax alto SML Rev D
Made in : Perancis
Nomer seri : 13388
Warna : Aslinya silver, tapi sudah nglotok.
Kondisi : 75 %
Kategori : sangat langka

Sejarah singkat:
SML, diproduksi oleh Strasser, Marigaux dan Lemaire. Perusahaan didirikan pada tahun 1934 dan memproduksi saxophone dalam jumlah terbatas hingga tahun 1982. Kemungkinan jumlah produksinya selama 48 tahun itu cuma sekitar 25.000 unit saja, atau rata rata cuma 500 unit setahun.

No comments: