Lokasi Pengunjung Blog

Wednesday, October 29, 2008

Sax repair...

Saxophone penyok, bocor, mampet, kagak ngeper, necknya goyang, tombolnya berisik, pernya patah, sekrupnya kendor, patriannya copot, gabusnya nglotok, klepnya keriput dsb? Jangan khawatir! Semua itu bisa diperbaiki, dibikin pulih, dibuat prima lagi.

Kalau bodinya penyok, tinggal diketok atau dikenteng.
Kalau bocor, tinggal klepnya disetel.
Kalau mampet, tinggal diperiksa barangkali ada gombal ataupun tutup mouthpiece yang nyangkut di dalam rongga bodi.
Kalau necknya goyang alias tidak terkunci erat di bodi, tinggal diatur lagi ukuran sambungannya.
Kalau tombolnya bunyi berisik, tinggal di pasang kembali ganjel2 nya yang mungkin terlepas.
Kalau pernya patah, tinggal diganti.
Kalau sekrupnya kendor, tinggal dikencengin.
Kalau patriannya copot, tinggal dipatri lagi.
kalau gabus pada necknya nglotok, tinggal diganti gabus baru.
Kalau klepnya keriput, tinggal diganti dengan klep baru.

Soal memperbaiki saxophone (dan juga alat musik tiup lainnya) ataupun menyetel sehingga saxophone itu kembali enak dipakainya, bukanlah suatu pekerjaan yang sulit. Tapi memang sih diperlukan ketelatenan. Dan untuk perkara yang satu ini, perkara reparasi ini, Tina adalah ahlinya. Ya, nukang memang menjadi salah satu hobi Tina juga.

Jadi kalau saxophone sampeyan jatuh dan penyok, atau kalau saxophone itu tidak enak lagi dimainkan, tak perlu nangis en sedih. Silahkan bawa saja ke Tina. Pasti beres! Piye Jal?

Salam,
Anton Pri.

2 comments:

Ojim Kolot said...

Kalo ganti per berapa ya?

Luthfiemazhar said...

Minta kontaknya dong