Lokasi Pengunjung Blog

Wednesday, October 8, 2008

Mouthpiece enak....




Biarpun Dave Koz ataupun Kenny G pakai mouthpiece merek anu, kita tak perlu terpengaruh. Belum tentu lho mouthpiece (MP) mereka itu cocok dengan selera kita. Kelihatannya saja mereka enak tulat tulit niup saxophone dengan setelan mouthpiece dan reed kesukaannya. Tapi kalau kita yang meniup, meski dengan MP dan reed yang sama persis dengan yang mereka punya, belum tentu kita akan selancar mereka. Bisa saja kita malah jadi ngos-ngosan saking tebalnya reed ataupun saking mangapnya cucuk mouthpiece (tip opening). Ya, reed tebal ketemu dengan MP mangap, akan bikin MP berat untuk ditiup. Dan sebaliknya, kombinasi antara reed tipis dengan MP mingkem, akan bikin MP terlalu enteng ditiup. Keduanya saya rasa kurang ideal. Yang asyik itu kalau kita bisa mengatur kombinasi MP dan reed sehingga diperoleh MP yang enak ditiupnya. Enak, artinya ya enak, ditiup tidak terlalu berat atau terlalu ringan. MP ukuran medium dengan reed medium biasanya cukup memuaskan.

Umumnya ukuran MP ada 3 macam yaitu MP dengan bukaan (tip opening) sempit, sedang dan lebar alias mangap. Selain tip opening itu ada lagi ukuran MP yaitu MP berparuh panjang atau pendek (facing length). Ada lagi ukuran besar kecilnya rongga dalam atau chamber. Chamber bisa sempit, agak longgar dan longgar. Sayangnya belum ada angka standar ukuran untuk aneka merek mouthpiece.

Untuk reed, ukurannya bisa tipis, sedang dan tebal. Dimulai dengan kode angka 1 untuk reed tipis, hingga angka 4 atau 5 untuk yang tebal. Nomer reed 2 atau 2,5 adalah ukuran menengah.

Bahan MP bisa beraneka, bisa terbuat dari plastik, kayu, ebonit, kristal ataupun metal. Jenis bahan ini tidak berpengaruh terhadap suara. Yang lebih mempengaruhi suara adalah keadaan ruang dalam atau chambernya. Ruang sempit menghasilkan suara lebih cring, lebih bright dan sebaliknya.

Yang paling penting untuk kita dalam memilih kombinasi MP dan reed adalah dengan..., mencobanya! Kita coba sampai kita dapatkan yang kita suka. Dan boleh dicatat, MP merek terkenal dan mahal belum tentu lebih enak daripada MP yang berharga murah. Jadi, kalau ada yang murah mengapa mesti beli yang mahal? Toh keduanya punya resiko sama, yaitu kalau jatuh ya..., rusak deh! Gitu.

Catatan:
Saya biasa bermain sax tenor. MP yang saya pakai biasanya merek Berg Larsen metal ukuran 105/0/sms. Artinya, tip openingnya sedang, chambernya sempit dan berparuh pendek. MP tersebut berkombinasi dengan reed Rico Royal ukuran sedang (2,5). Ini yang paling cocok buat saya.
Ada satu MP tenor lagi yang cukup nyaman saya pakai yaitu merek Selmer seri E, ebonit. Seri E ini tergolong bercelah (tip opening) sedang. Reednya Rico nomer 2,5.
Untuk MP alto maupun sopran, tidak tergantung merek, yang penting enak man....

O ya, dengan MP & reed yang enak, maka apapun saxophonenya, selama kondisinya prima, bakal dapat dimainkan dan bakal terdengar enak juga. Coba saja!

Wis jan, main saxophone pancen enak....

Salam,

Anton & Tina Sax
We love saxophone, the way they look and the way they sound.

No comments: